3 Produk Reksadana Pendapatan Tetap dengan resiko seperti Pasar Uang

Belajar mengenai produk investasi harus sambil mencoba membeli beberapa produk investasi dari produk dengan resiko paling kecil (reksadana pasar uang) sampai pada resiko paling besar (saham). Saya memulai dengan membuka akun Moinves (Mandiri Investasi) dan akun sekuritas dari PT Phillip Sekuritas Indonesia. Keduanya bisa dibuka secara online tanpa harus ke kantor mereka.

Akun moinves tidak dikenakan biaya bulanan, namun produk yang ditawarkan sangat sedikit dan hanya produk-produk dari PT Mandiri Manajemen Investasi saja. Akun Phillip dikenakan biaya bulanan sebesar Rp 25.000,- namun dengan pilihan produk yang banyak dan beragam dari berbagai manajer investasi di Indonesia. Keduanya sudah memiliki platform online untuk melakukan jual beli reksadana.

Setelah mencoba membeli produk reksadana pasar uang yang memiliki resiko paling kecil, namun dengan return yang kecil juga (paling tidak lebih besar daripada deposito karena sudah tidak dikenakan pajak lagi), saya melihat pola pertumbuhan seperti berikut pada produk-produk reksadana pasar uang.

Performa Mandiri Investa Pasar Uang

Misalnya produk reksadana pasar uang yang saya miliki adalah Mandiri Investa Pasar Uang. Rata-rata return selama tiga tahun adalah sebesar 6.66% per tahun. Lebih baik daripada bunga deposito karena tidak dikenakan pajak atas pertumbuhannya (bunga deposito dikenakan pajak bunga 20%).

Kemudian saya mencoba melihat-lihat beberapa produk reksadana Fixed Income (Pendapatan Tetap) dan menemukan beberapa produk reksadana pendapatan tetap yang mempunyai performa lebih baik daripada reksadana pasar uang dengan resiko yang kurang lebih mirip dengan reksadana pasar uang. Dengan kata lain, return lebih baik dengan resiko yang sama daripada reksadana pasar uang.

Berikut beberapa reksadana yang memiliki return sekelas reksadana pendapatan tetap, tapi dengan volatility serupa dengan reksadana pasar uang. Data-data berikut saya peroleh dari sekuritas yang saat ini saya gunakan, yaitu PT Phillip Sekuritas Indonesia.

1. Dana Premier oleh PT. Equity Securities Indonesia

Performa Dana Premier

Return rata-rata selama tiga tahun adalah 9.68% (tidak kena pajak lagi) dengan volatility yang serupa dengan reksadana pasar uang. Biaya untuk subscribe gratis, biaya redeem gratis setelah 3 bulan.

2. Dana Pasti oleh PT. Equity Securities Indonesia

Performa Dana Pasti

Reksadana Dana Pasti ini memiliki rata-rata return pada tiga tahun terakhir adalah sekitar 9.42% dengan volatility serupa dengan reksadana pasar uang. Biaya untuk subscribe gratis, biaya redeem gratis setelah tiga bulan.

3. MNC Dana Syariah oleh PT MNC Asset Management

Performa MNC Dana Syariah

MNC Dana Syariah memiliki rata-rata return dalam tiga tahun terakhir sebesar 8.73% dengan volatility (resiko) serupa dengan reksadana pasar uang. Biaya subscribe dan redeem gratis.

Perlu diingat bahwa reksadana pendapatan tetap ini ditujukan untuk investasi jangka pendek. Untuk investasi jangka panjang, terdapat produk reksadana lain yang memberikan return lebih baik namun juga dengan resiko lebih besar.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan, namun keputusan investasi kembali kepada masing-masing investor dengan kreativitas dan gaya analisis masing-masing. Yang terpenting adalah mulai berinvestasi dengan cerdas.

Start Invest Now!

Leave A Comment

%d bloggers like this: