Apa itu Obligasi Pemerintah?

Obligasi pemerintah adalah jaminan utang yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mendukung pengeluaran dan kewajiban pemerintah. Obligasi pemerintah dapat membayar pembayaran bunga berkala yang disebut pembayaran kupon. Obligasi pemerintah yang dikeluarkan oleh pemerintah nasional sering dianggap sebagai investasi berisiko rendah karena pemerintah yang menerbitkannya mendukungnya.

Obligasi pemerintah dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengumpulkan uang untuk membiayai proyek atau operasi sehari-hari. Beberapa obligasi obligasi diperdagangkan di pasar sekunder. Investor individu, yang bekerja dengan lembaga keuangan atau broker, dapat membeli dan menjual obligasi yang sebelumnya diterbitkan melalui pasar ini.

Obligasi pemerintah dengan suku bunga tetap dapat memiliki risiko suku bunga, yang terjadi ketika suku bunga naik, dan investor memegang obligasi dengan suku bunga tetap yang memberikan kupon lebih rendah dibandingkan dengan pasar. Selain itu, hanya obligasi tertentu yang mengikuti inflasi, yang merupakan ukuran kenaikan harga di seluruh perekonomian.

Obligasi pemerintah hampir sama dengan investasi tanpa risiko. Profil berisiko rendah ini karena pemerintah yang menerbitkan mendukung obligasi.

Penggunaan Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah membantu defisit dana dalam anggaran pemerintah dan digunakan untuk mengumpulkan modal untuk berbagai proyek seperti pengeluaran infrastruktur. Namun, obligasi pemerintah juga digunakan untuk mengendalikan pasokan uang negara.

Pro dan Kontra Obligasi Pemerintah

Seperti halnya semua investasi, obligasi pemerintah memberikan manfaat dan kerugian bagi pemegang obligasi. Sisi baiknya, sekuritas utang ini cenderung mengembalikan aliran pendapatan bunga yang stabil. Namun, return obligasi ini biasanya lebih rendah daripada produk lain di pasar karena berkurangnya tingkat risiko dalam investasi mereka.

Leave A Comment

%d bloggers like this: