Cara Setting dan Setup CDN Cloudflare Gratis

Cloudflare menyediakan layanan CDN (Content Delivery Network) dengan harga mulai dari GRATIS! Untuk plan yang Free sudah sangat membantu meningkatkan performa website karena jaringan yang luas. Plan Free nya juga sudah menyediakan layanan SSL gratis sehingga Anda dapat membuat website Anda lebih aman dan lebih disukai oleh search engine seperti google (karena menggunakan SSL dan speed yang oke).

CDN Gratis tanpa batasan jumlah website

Layanan CDN gratis yang diberikan oleh Cloudflare juga tidak membatasi jumlah website yang kita dapat kita tambahkan dalam 1 akun. Selain itu juga layanan CDN gratis dari Cloudflare juga menambahkan 1 layer proteksi untuk website kita karena di Cloudflare sendiri sudah ada layer security.

Cara Setup CDN Gratis dari Cloudflare

Cara setup CDN cloudflare juga sangat mudah. Anda cukup mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website cloudflare di http://www.cloudflare.com. Jika Anda belum mempunyai akun, silahkan signup untuk mendapatkan akun cloudflare gratis.
  2. Setelah login, silahkan klik link “+ Add Site” untuk menambahkan website pada cloudflare.
  3. Masukkan nama domain Anda, tunggu proses scan selesai. Pada proses ini, engine cloudflare akan melakukan scan pada settingan DNS domain Anda saat ini dan di copy untuk dijadikan settingan DNS cloudflare untuk website Anda. Jadi Anda tidak perlu melakukannya secara manual. Jika proses scan sudah selesai, klik Continue Setup.
  4. Periksa kembali settingan DNS yang disetup oleh cloudflare. Jika Anda tidak mengerti, langsung saja klik Continue.
  5. Pada bagian Select Cloudflare Plan, pilih Free Website.
  6. Ubah Nameserver pada domain Anda sesuai dengan pengaturan yang diberikan oleh cloudflare.

Silahkan tunggu beberapa saat sampai propagation perubahan nameserver pada domain Anda selesai. Biasanya memakan waktu beberapa menit sampai maksimal 24 jam. Setelah propagation nameserver baru Anda selesai, maka secara otomatis website Anda akan diakses pengunjung melalui CDN Cloudflare. Anda dapat membuka akun Cloudflare Anda untuk melihat statistik pengunjung dan resource yang Anda hemat menggunakan CDN.

ps. Jika mengaktifkan cloudflare, maka settingan DNS yang digunakan adalah settingan DNS di cloudflare, bukan lagi di hosting Anda. Biasanya para webmaster perlu melakukan setting DNS untuk mengatur mailserver atau set DKIM untuk email.

Untuk lebih jelas, silahkan tonton video tutorial berikut.

Leave A Comment

%d bloggers like this: