Disposition Effect in Behavioral Finance

Disposition Effect

Disposition effect berhubungan dengan bagaimana investor melihat unrealized gains dan unrealized loss pada instrumen finansial. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa investor mempunyai kecenderungan untuk realize gains lebih cepat daripada realize loss. Artinya investor akan lebih mudah keluar dari posisi investasi yang sedang untung daripada keluar dari posisi investasi yang sedang rugi. Investor jadi cenderung untuk “hold on to losers, but sell winners“. Dalam pandangan investasi, tingkah laku ini tidak masuk akal.

Penyebab Disposition Effect

Penjelasan yang sering muncul adalah bahwa investor yang menjual dalam posisi rugi sama saja dengan mengakui bahwa ia melakukan kesalahan dalam memilih trade. Di lain pihak, menjual posisi yang untung secara tidak langsung menunjukkan bahwa investor telah mengambil trade yang benar. Dalam istilah lain, investor tidak ingin dilihat salah oleh orang lain dan menunjukkan kehebatannya dalam berinvetasi sebagai investor.

Implikasi dari Disposition Effect terhadap Investor

Implikasi yang muncul dari adanya disposition effect ini ditunjukkan oleh beberapa studi yang menemukan bahwa saham yang dijual karena efek disposisi (the winners) cenderung mengalahkan performa saham yang tetap dipertahankan (the lossers). Artinya investor seharusnya dapat memperoleh keseluruhan return yang lebih tinggi jika memegang saham yang sedang untung lebih lama dan menjual saham yang sedang rugi lebih cepat. Dengan memegang saham yang sedang naik, yang biasanya cenderung akan terus naik, maka investor bisa mendapatkan keuntungan dari stock momentum.

Leave A Comment

%d bloggers like this: