Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang merangkum jumlah kas dan setara kas yang masuk dan keluar suatu perusahaan.

Kas dari Aktivitas Operasi

Aktivitas operasi mencakup semua sumber dan penggunaan uang tunai dari aktivitas bisnis. Dengan kata lain, laporan ini mencerminkan berapa banyak uang yang dihasilkan dari produk atau layanan utama perusahaan.

Cari perusahaan dengan arus kas dari aktivitas operasi yang positif dan growing makin besar tiap tahun. Itu artinya operasi perusahaan tersebut menghasilkan uang.

Kas dari Aktivitas Investasi

Aktivitas investasi mencakup semua sumber dan penggunaan kas dari investasi perusahaan. Misalnya perusahaan melakukan pembelian aset untuk perluasan usaha akan tergambar pada laporan ini.

Arus kas investasi negatif berarti perusahaan mengeluarkan uang untuk investasi (belanja modal). Bisa menggambarkan hal positif yaitu perusahaan terus berkembang.

Arus kas investasi positif berarti perusahaan memperoleh hasil dari investasi yang bukan dari operasional perusahaan.

Kas dari Aktivitas Pembiayaan

Kas dari aktivitas pendanaan mencakup sumber kas dari investor atau bank, serta penggunaan kas yang dibayarkan kepada pemegang saham. Pembayaran dividen, pembayaran pembelian kembali saham, dan pelunasan pokok hutang (pinjaman) termasuk dalam kategori ini.

Arus kas pembiayaan positif bisa menggambarkan perusahaan mendapatkan sumber pembiayaan baru (baik dari bank, surat hutang, maupun pasar modal).

Arus kas pembiayaan negatif bisa menggambarkan perusahaan melunasi pokok hutang, membayar deviden, atau melakukan “buy back” saham.

Sudah coba baca Laporan Arus Kas ?

Get Daily Financial Tips Directly in your inbox

Leave a Reply

%d bloggers like this: