Saham kan memang status kepemilikan usaha. Jadi pemegang saham harus punya mental pengusaha juga dong.

Harus Punya Modal

Ini sudah pasti banget. Buat beli saham ya harus punya modal. Modal sendiri ya jangan modal orang lain. Jadi kalo ilang ga di kejer-kejer orang lain. Jangan pake utang untuk beli saham.

Harus Siap Untung

Kalo ini pasti semua juga siap, ga perlu mental pengusaha. Pemilik saham akan kebagian untung perusahaan dalam bentuk deviden.

Harus Siap Rugi

Ini yang ga semua orang siap. Profesional yang tiap bulan terima gaji ga pernah mengalami terima gaji negatif kan? Kalo pengusaha harus siap rugi. Tidak semua usaha selalu untung.

Harus Ngerti Usahanya

Pemegang saham itu kan pemilik usaha. Jadi harus tau juga usaha yang dimiliki itu apa sih? Barang/jasa apa sih yang dijual? Berapa sih omset nya? Untung atau rugi tiap tahun?

Berani Menerima Resiko

Pengusaha itu kalau rugi harus berani terima, bukannya nyalah-nyalahin orang lain (orang yang memberi ide lah, pajak lah, supplier lah, customer lah, pemerintah lah, presiden lah)…

Jadi kalau nanti beli saham trus rugi, jangan nyalahin orang lain…

Berani Bangkrut

Namanya usaha ada kemungkinan rugi sampai bangkrut. Pemegang saham menjadi urutan terakhir dalam pembagian aset perusahaan. Jadi bisa aja ga terima apa-apa. Sudah siap?

Sudah berani jadi pemegang saham?

Get Daily Financial Tips Directly in your inbox

Leave a Reply

%d bloggers like this: