ORI (Obligasi Republik Indonesia) merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia.

Manfaat Tanpa Henti, Bekal Hari Nanti

Hasil dari ORI018 akan digunakan pemerintah untuk program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

KUPON FIX 5,70% p.a.

Pajak ORI 15% (lebih rendah dari pada pajak deposito 20%). Bunga net jadi 4.845%

Misalnya penempatan 10jt, kamu akan dapat kupon bulanan setiap tanggal 15 sebesar Rp 40.375,- langsung di transfer ke rekening kamu.

JATUH TEMPO 3 TAHUN

Setelah 3 tahun, pokok investasi kamu akan kembalikan melalui transfer ke rekening kamu.

Minimum pemesanan Rp 1 juta dan kelipatan Rp 1 juta.

Dapat DIJUAL di Pasar Sekunder

Setelah menerima kupon pertama, kamu bisa menjual ORI kamu di pasar sekunder. Harga jual ORI tergantung harga di pasaran. Biasanya dipengaruhi oleh suku bunga acuan di pasaran. Jika saat dijual suku bunga turun, biasanya harga ORI akan naik, begitu sebaliknya.

BELI DIMANA ?

Saya biasanya beli di Bareksa. Tapi bisa juga dibeli melalui bank, sekuritas, atau mitra penjualan lainnya.

Bisa dicek di website https://www.kemenkeu.go.id/ori

Masa penawaran: 1 – 21 Oktober 2020

ORI COCOK DIPAKAI UNTUK APA?

Karena sifatnya yang bisa dijual di pasar sekunder, maka likuiditas ORI cukup baik. Namun sepertinya tidak cocok untuk dana darurat karena pada saat penjualan di pasar sekunder, harga ORI bisa saja turun.

ORI cukup baik untuk melengkapi portfolio investasi yang tergolong sangat aman. Apalagi disaat ekonomi sedang tidak menentu, kebanyakan investor akan berburu investasi aman berupa Surat Berharga Negara.

MUMPUNG GAJI MASIH ADA, BURUAN BELI ORI018 !!

Get Daily Financial Tips Directly in your inbox

Leave a Reply

%d bloggers like this: