Return on Assets (ROA) adalah indikator seberapa baik perusahaan menggunakan asetnya, dengan menghitung seberapa menguntungkan perusahaan relatif terhadap total asetnya.

ROA = Net Income / Total Asset

Bisnis pada akhirnya adalah tentang efisiensi: memanfaatkan sumber daya yang terbatas secara maksimal. ROA yang lebih tinggi menunjukkan efisiensi aset yang lebih tinggi.

ROA memberi investor gambaran tentang seberapa efektif perusahaan dalam mengubah uang yang diinvestasikan menjadi laba bersih. Semakin tinggi angka ROA, semakin baik, karena perusahaan menghasilkan lebih banyak uang dengan investasi yang lebih sedikit.

ROA paling berguna untuk membandingkan perusahaan dalam industri yang sama, karena industri yang berbeda menggunakan aset secara berbeda.

Kalbe Farma lebih baik dalam mengubah investasinya menjadi keuntungan, dibandingkan dengan perusahaan farmasi lainnya. Salah satu tugas terpenting manajemen adalah membuat pilihan bijak dalam mengalokasikan sumber dayanya, dan tampaknya manajemen Kalbe Farma lebih mahir daripada 4 perusahaan lainnya.

Keterbatasan ROA

ROA tidak dapat digunakan untuk membandingkan perusahaan pada industri yang berbeda karena masing-masing industri memiliki basis aset yang berbeda. Misalnya ROA perusahaan manufaktur akan lebih kecil daripada ROA perusahaan jasa.

ROA dalam Personal Finance

ROA juga bisa diaplikasikan dalam keuangan pribadi. Coba hitung berapa hasil yang kamu terima dari aset-aset yang kamu punya. Semakin tinggi ROA kamu, berarti kamu makin mahir memilih aset-aset produktif yang menghasilkan pendapatan.

Sudah coba hitung ROA kamu?

Get Daily Financial Tips Directly in your inbox

Leave a Reply

%d bloggers like this: