Options adalah salah satu instrumen investasi yang masuk dalam kelas derivatif. Maksud dari kelas derivatif adalah bahwa harga options akan sangat bergantung pada pergerakan value aset yang digunakan sebagai underlying asset.

Options ini merupakan salah satu instrumen dimana investor bisa memperkirakan harga aset (underlying asset) di masa depan. Misalnya Options GOOGL berarti options tersebut berdasarkan harga saham GOOGL.

Contoh:

Harga saham GOOGL saat ini $500. Options CALL GOOGL mempunyai strike price $550 dengan waktu expire 3 bulan dengan harga $100. Artinya adalah investor yang membeli Options GOOGL mempunyai hak – tapi bukan kewajiban – untuk membeli saham GOOGL seharga $550 dalam waktu 3 bulan. Investor ini akan memperoleh keuntungan jika dalam waktu 3 bulan, harga saham GOOGL melebihi $550. Misalnya 3 bulan mendatang harga saham GOOGL menjadi $560, maka investor tersebut dapat membeli saham GOOGL dengan Options seharga $550 dan menjual di pasar seharga $560. Keuntungan yang diperoleh adalah $10 per lembar saham.

Sebaliknya, jika harga saham GOOGL turun menjadi $480, maka investor tersebut tidak wajib mengeksekusi CALL Options untuk membeli saham GOOGL. Kerugian yang ditanggung investor tersebut hanyalah harga beli Options, yaitu $100.

Investor membeli Options PUT jika investor tersebut memperkirakan harga aset tersebut akan turun dalam jangka waktu tertentu. Misalnya pada contoh di atas, Options PUT GOOGL mempunyai strike price $450 dengan waktu expire 3 bulan, dengan harga $100. Investor yang memiliki Options PUT GOOGL mempunyai hak – tapi bukan kewajiban – untuk menjual saham GOOGL seharga $450 dalam jangka waktu 3 bulan.

Jika 3 bulan kedepan harga saham GOOGL turun menjadi $430, maka investor dapat membeli saham GOOGL di pasar seharga $430 dan menjual saham tersebut kepada dealer dengan hak Options PUT seharga $450. Keuntungan yang diperoleh investor adalah $20 per lembar saham.

Jika dalam 3 bulan harga saham GOOGL stabil di $500, maka investor tidak wajib untuk melaksanakan Options PUT dengan menjual saham GOOGL di harga $450. Kerugian yang diderita investor hanyalah harga beli Options tersebut, yaitu sebesar $100 dalam contoh ini.

Options memberikan limited risk (sebesar harga beli Options) kepada investor dengan unlimited gain.    Saat ini transaksi Options sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem broker sehingga investor tidak perlu melakukan semua transaksi jual beli underlying asset Options tersebut di pasar.

Options dapat diperjual belikan di market. Harga options dipengaruhi oleh harga underlying asset dari options tersebut. Jika harga aset naik, maka harga CALL Options juga akan naik, sedangkan harga PUT Options akan turun. Demikian sebaliknya, jika harga aset turun, maka harga PUT Options akan naik, harga CALL Options akan turun.

Leave A Comment

%d bloggers like this: